Special Untuk Mu

detik ketika Misro berkarya

Pelanggan kembali itu kehidupan ku

Sejenak kita beralih ke pekerjaan atau mungkin bisa disebut ini adalah pengalaman pribadi yang di kombinasikan dengan waktu saya belajar di suatu program pendidikan di Semarang. Mungkin bagi kita yang menjadi karyawan atau menjadi pimpinan perusahaan kita membutuhkan yang namanya Manajemen atau tips trik bagaimana caraya agar pelanggan yang membeli suatu barang atau jasa, atau yang menilai kita bisa tetap kita pegang dalam artian pelanggan itu tetap kembali kepada kita. Apa yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan dan para karyawan untuk membangun reputasi pelayanan yang unggul? Karena yang memberikan penilaian terakhir terhadap kualitas pelayanan adalah pelanggan, maka yang harus dilakukan adalan bertnya kepada mereka, aspek-aspek spesifik mana dari pelayanan yang paling mereka anggap penting dalam menjalankan suatu tanggung jawab yang diberikan pelanggan kepada kita.

Berkut ulasanya :
A. KETERANDALAN
Penampilan yang konsisten adalah hal yang paling penting yang diinginkan oelh pelanggan. yang paling diinginkan pelanggan adalah pelayanan yang bisa diandalkan. Secara spesifik hal ini berarti dan berkaitan dengan :
1. Melakukan apa yang kata anda hendak anda lakukan
2. Melakukannya pada saat yang anda janjikan
3. Melakukannya pada kesempatan yang pertama
4. Menyelesaikannya tepat pada waktunya
Bahwasannya kita ingat, didalam dunia bisnis yang diwarnai pertarungan yang luar biasa sengitnya, maka yang membedakan sang pemenang dengan pelaku lainnya adalah keKONSISTENan dan penampilan yang utama. Jumlah pelanggan yang akan kembali berhubungan dengan anda akan meningkat selaras dengan keKONSISTENan pelayanan yang anda berikan. Jadikanlah keterandalan sebagai prioritas yang utama.

B. KETERPERCAYAAN
Ketenangan jiwa adalah satu hal yang rela dibayar oleh pelanggan. Sebagai pelanggan, dengan senang hati kita semua tentu lebih ingin kembali kepada orang dan bisnis dengan tulus mau menolong kita, serta yang benar-benar memperjuangkan kepentingan kita. Kita mendambakan keamanan, integritas dan jaminan bahwa seandainya pun terjadi masalah, maka masalah tersebut akan ditangani tanpa biaya tambahan. Inilah yang disebut dengan kredibiltas atau kepercayaan. Kredeilitas atau kepercayaan akan membuat pelanggan kembali.

C. PENAMPILAN
Peampilan bisa menyesatkan. tetapi sebagian besar kesimpulan terhadap kualitas pelayanan, ditarik oleh pelanggan berdasarkan apa yang terlihat oleh mata mereka. Apa saja yang berkaitan dengan bisnis anda, yang dilihat, dirasa, dicoba, didengar dan dicium oleh pelanggan bisa membentuk opini tertentu, baik atau jelek mengenai pelayanan yang anda berikan

D. TANGGAP
Tanggap berarti ada ditempat, bisa dihubungi dan rela menolong pelanggan setiap kali mereka menghadapi masalah Tangap juga berarti senantiasa memberikan informasi yang cukup dan menyediakan pelayanan secepat mungkin.

E. SIMPATI
Simpati artinya mencoba untuk berdiri ditempat pelangga, mencoba memahami pendangannya, dan mencoba merasa apayang mereka rasakan. Ini juga berarti mendengar dengan seksama, mengajukan pertanyaan yang tepat, berbicara dalam bahasanua, dan menyesuaikan pelayanan anda sehingga bisa menolongnya sebisa mungkin. Janganlah mempermalukan pelangan dengan cara sebagaimana yang anda ingin perlakukan. Ia adalah pribadi yang berbeda, dengan masalah dan titik pandang yang berbeda pula. Justru perlakukanlah dia sebagaimana yang ia ingin di perlakukan. Pelanggan memnbeli berdasarkan alasannya sendiri, bukan alasan anda.

Insyaallah, dengan kelima cara tersebut diatas kita isa mendekati, memahami memperlakukannya dengan baik dan sesuai prosedur agar dia bisa kembali dengan kita dan membawa wajah penuh kasih sayang dan tersenyum. Terima Kasih.

Reff : Pengalaman Pribadi, MU, Modul.

7 Januari 2010 - Posted by | Lain-lain | , , , , , , , , , , , , , , , , ,

9 Komentar »

  1. setuju dengan yang anda tulis!!

    Komentar oleh reza | 10 Januari 2010 | Balas

  2. good performance juga menentukan keberhasilan sebuah usaha yang kita jalankan, salam dari pernikahan adat Indonesia.

    Komentar oleh pernikahan adat | 15 Januari 2010 | Balas

    • salam kenal juga,,,,diperbolehkan untuk tukar link,,he,,
      makasih atas kunjungannya,,,he,,

      Komentar oleh Misro Tech | 16 Januari 2010 | Balas

  3. wah tips utk pelayanan ya..:D

    Komentar oleh nurrahman18 | 17 Januari 2010 | Balas

  4. Yonkurt bro, bener banget

    Komentar oleh Sastro | 2 Februari 2010 | Balas

    • hahahaha,,,pengalaman pribadi kayaknya,,,,hiks,,,xixixixxx

      Komentar oleh Misro Tech | 3 Februari 2010 | Balas

  5. Seep……
    tingkatkan pelayanan trs pak, biar tambah sukses….
    Hookeyyyy

    Komentar oleh gadiz solo | 24 Maret 2010 | Balas

    • okreeeee gan,,,salam kenal darie wongkendal….
      thank’s commentnya….he,,

      Komentar oleh Misro Tech | 29 Maret 2010 | Balas

  6. wehhhh wes kenal rasah kenalan meneh pax….
    mosok karo konco lali iwx….
    jahat…..hixz…

    Komentar oleh gadiz solo | 29 Maret 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: